Tamsya dan berlibur menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan banyak yang suka. Bahkan banyak yang rela untuk menyiapkan dan menabung dari jauh-jauh hari. Atau ada juga yang memanfaatkannya disaat momen mendadak, seperti kunjungan acara pernikahan kerabat diluar kota.

Banyak dari kita yang seolah - olah berusaha menjadi jasa Tour and Travel dadakan saat menjelang liburan bersama dengan teman sekantor. Dengan perbekalan dan pengetahuan seadanya, namun tetap berusaha dengan cara membuat paket wisata menjadi menarik sesuai kemampuan..


Cara Membuat Paket Wisata Sendiri

Sebenarnya bila kita sudah terbiasa membuat sebuah kegiatan wisata. Misalnya Anda sudah pernah membuat paket wisata pangandaran. Harusnya ini sudah bukan hal yang terlalu sulit lagi.

Namun terkadang kita terlalu banyak masukan ide untuk memutuskan kemasan agenda wisata yang pas dan tepat. Karena mungkin banyak suara yang ikut serta memberikan masukan dan saran.

Belum lagi untuk mempersiapkan segala komponen penunjangnya. Seperti transportasi, penginapan, konsumsi dan lain-lain. Sehingga untuk menentukan biaya perorangnya terkadang lama untuk diambil keputusan.

Namun Anda jangan patah semangat, buat lah momentum tersebut menjadi sebuah keseruan bersama teman - teman dalam bermusyawarah. Disini saya memberikan gambaran faktor utama yang menentukan cara membuat paket wisata menjadi menarik dan mudah, diantranya :
  1. Jadwal : Tanggal, durasi dan jam berangkat
  2. Objek wisata : Pantai, Gunung, Kolam Renang dan lain-lain.
  3. Transportasi : Mobil, Bus, Kerata, Kapal atau Pesawat.
  4. Penginapan : Buatkah anggaran dan bugeting Hotel.
  5. Konsumsi : Buatkan jadwal makan harian dan bugetingnya.
Bila dalam semua itu telah siapkan, sebenarnya 80% persiapan Anda telah matang. Maka Anda tinggal memutuskan berapa jumlah biaya paket wisata yang harus dibebankan setiap orangya.

Faktor Penting Cara Membuat Paket Wisata Menjadi Menarik

Dalam hal lain ada beberapa yang harus Anda persiapkan untuk mensukeskan sebuag kegiatan wisata. Karena kelancaran agenda tour sebenarnya tidak hanya suksesnaya program saja.
Namun, harus mempunyai suasana yang menarik dan mengesankan. Jadi selain peserta juga tidak kapok, kesan yang tak terlupakan juga tuntutan yang harus Anda ciptakan.
Untuk memenuhi itu ada beberapa yang seharusnya tidak luput dari beberapa persiapan, seperti :

Panitia

Buatlah team atau panitia, agar Anda juga tidak merasa kerja sendiri dan bisa saling melengkapi.

MC /Tour Leader

Humas mungkin bisa mengisi posisi ini sebagai petugas pusat informasi.

Ientery

Buatlah schadule yang detail untuk memudahkan mengakomodir semua peserta.

Perbekalan Pribadi.

Selain perbekalan wisata / property, sampaikan lah kepeserta untuk memenuhi keperluan pribadinya.

P3k

Perbekalan utama keselamatan, minimal suplen peambah stamina.
Bila itu semua sudah dipersiapkan, pastikan urusan administrasi Anda tidak terganggu. Teruma untuk komponen yang memang harus Anda lakukan pembayaran dimuka sebagai pesanan. Jangan samapai Anda terlambat memesan dan akhirnya kebutuhan tidak terpenuhi.

Kurang lebih seperti itulah sedikit sebuah informasi wisata yang bisa dijadikan pedoman untuk kelancaran wisata Anda. Namun bila Anda mengemas dari pihak luar atau Tour and Travel, ada berapa sistem sedikit yang berbeda yang harus Anda ketahui. Kami akan menyampaikannya di artikel berikutnya.
Semoga perjalanan Anda berkesan dan tak terlupkan. Dan juga jangan lupa kita harus membuka dan menutupnya dengan berdo'a. Semoga diberikan kelancaran dan tanpa ada kendala berarti selama perjalanan hingga kembali.