Ingin merenovasi rumah tapi hanya punya budget minim? Jangan berkecil hati dulu, karena kami akan sampaikan tips renovasi rumah sederhana untuk Anda. 

Kita paham bahwa merenovasi rumah itu memang membutuhkan dana yang cukup besar. Apalagi jika Anda tidak mempunya pengetahuan tentang hal yang berhubungan dengan bahan bangunan. Sudah pasti akan akan membuat pusing dan menambah halangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Maka dari itu agar lebih matang dan tidak terbengkalai pada pertengahan jalan. Sebaiknya Anda mencari tau tentang segala informasi mengenai renovasi rumah.

tips renovasi rumah sederhana

Mungkin untuk lebih jelasnya Anda bisa berkonsultasi dulu ke beberapa orang yang paham tentang tekhnik membanugun rumah. Misalnya bisa bertanaya ke kerabat, saudara dekat atau bahkan ke tukang bangunan atau pemborong sekaligus.

Karena sebenarnya berkonsultasi dengan pemborong rumah pun tidak membutuhkan biaya yang banyak, apa lagi jika memang Anda sudah kenal. Bahakan banyak jasa pemborong bangunan yang memberikan layanan gratis 

Sebab lebih baik mengeluarkan anggaran awal sedikit, dari pada saat Anda mulai dan proses membangun rumah tapi ternyata baru muncul masalah.

Selain itu efek dari sisi ekonomi akan sangat terasa dampaknya, kalau Anda tidak mempersiapkan dengan matang.

Tips Renovasi Rumah Sederhana Dengan Low Budget

tips renovasi rumah budget minim
Tips renovasi rumah dengan modal minim

Saat orang berencana ignin memperbaiki rumah, baik itu dalam bentuk bangunan lama atau dari 0 "nol" (tanah kosong). Tentu akan berharapan bahwa hasilnya sesuai dengan harapan.

Alasan kebutuhan utama

  • Asal bangunan layak huni.
  • Bisa untuk tempat istirahat penghuni rumah.
  • Tidak bocor.
  • dan lain sebagainya

" Lalu bagaimana untuk merenovasi rumah dengan budget minim ? "

Maka jika memang itu yang situasinya, biasanya ada beberapa elemen penunjang yang akhirnya pengerjaan finsihingnya tidak sempurna. Maksudnya ada bagian rumah yang "di korbankan".

Solusi bangun rumah dengan buget minim

  • Tembok = tidak di plaster.
  • Dinding = Tidak di cat
  • Pagar = Seadanya (menggunakan kayu), bahkan tidak ada pagar.
  • Plavon = Tidak memkain plavon.
  • Kamar = Menggunakan partisi kayu (tidak permanen)
  • Ruangan = Menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga.

Maka dengan mensisati seperti kutipan diatas, tentu bisa di lakukan sebagai alternatifnya. Tapi Anda  harus ketahui dari beberpa yang menjadi hal mendasar dalam merancang bangunan rumah.

Jadi solusi sebagai tips merenovasi rumah dengan budget minim ada beberapa tips lain yang tidak ada salahnya Anda mengetahuinya. Sehingga Anda tetap bisa merenovasi rumah meski budget pas-pasan. 

Sebab sumber ini kami dapatkan dari salah satu pemborong renovasi rumah di Bekasi sebagai referensi terbaik.

5 Tips Renovasi Rumah Murah

1. Buat skala prioritas

Tentukan di awal, ruangan mana yang akan di renov, serta semua hal yang dibutuhkan untuk merenovasi ruangan tersebut. Usahakan tidak keluar jalur dari perencanaan awal.

2. Survei harga bahan baku di toko bangunan

Anda harus mengunjungi beberapa toko bangunan untuk mensurvei kebutuhan harga seperti material aluminium baja ringan dan sebagainya. Lalu cari info harga bahan baku material dan kualitas yang dinginkan.

3. Buat rencana pengeluaran

Selanjutnya, coba hitung berapa kisaran keperluan pengeluarannya, termasuk material kecil seperti paku dsb.

4. Manfaatkan bahan bekas layak pakai

Jika ada bahan bangunan dari sisa pembangunan sebelumnya, maka tidak ada salahnya jika bisa bermanfaatkan untuk pemakaian kembali, contohnya cat atau sisa ubin. Tapi dengan catatan, kualitas bahan masih layak dan kondisinya masih bagus.

5. Menghemat pengeluaran lainnya, untuk dana tidak terduga

Ketika merenovasi rumah, Anda harus tetap menyiapkan dana tidak terduga. Tapi bagaimana caranya jika tidak ada pemasukan lain? Caranya adalah, pangkas biaya pengeluaran sepele dan alihkan dananya untuk biaya tidak terduga. Sehingga dana ini dapat bermanfaat ketika ada hal-hal tak sesuai rencana pengeluaran terjadi.

Itulah 5 tips yang dapat kamu jadikan referensi jika ingin merenovasi rumah tapi dana minimalis. Semoga bermanfaat!