Badung yang juga sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, memang meiliki begitu banyak objek wisata. Sehingga Bandung selalu terlihat padat disetiap hari libur, mulai dari kota hingga kei pelosok pedesaan atau kabupaten.

Kota Bandung sendiri memiliki letak geografis yang diapit oleh dataran tinggi. Oleh karena itu berbagai objek wisata alam, pegunungan dan kawah bisa Anda temui. Atau alternatife pilihan objek wisata dan wahana buatan yang begitu menarik untuk dikunjungi. Seperti kolam renang, teater 3 dimensi hingga wisata kuliner dan belanja bisa Anda dapatkan di Bandung.

Namun jangan salah, selain berbagai ojek wisata itu bandung juga memiliki tempat wisata edukasi yang bersejarah. Keberadaan Museum di Bandung merupakan sisi lain jenis wisata yang bisa memberikan edukasi baru untuk kita.

Naaah...... Berikut datar museum di Bandung yang juga pantas kamu kunjungi bila mampir ke kota Parahiyangan ini.

10 Museum di Bandung yang Bersejarah

1. Museum Barli

Koleksi lukisan pribadi dari seorang seniman ternama asal Bandung yang bernama Barli Sasmita. Maka, nama museum ini akhirnya diambil dari nama si pelukis tersebut.

Alamat :
Jalan Profesor Doktor Sutami No.91, Sukarasa, Sukasari, Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung
Jam Buka :
Senin - Sabtu Pk 10.00 - 17.00
Minggu Tutup.
Tiket Masuk :
Dewasa Rp 15.000
Pelajar Rp 10.000 (menunjukan Kartu Pelajar)
http://www.museumbarli.com/

2. Museum Kereta Api / Graha Parahyangan

Apa Anda berencana ingin melihat macam-macam koleksi tentang perkereta apian? Di museum Kereta Api ini atau juga museum yang bernama Graha Parahyangan Anda bisa mendapatkannya. Barang koleksi seperti mesin pembuat karcis, kalkulasi odhever hingga telegraf. Atau Anda bisa melihat miniatur kereta-kereta bersejarah dan ilustrasi stasiun kereta di Indonesia disini.

Alamat :
Jl. Dayang Sumbi, No. 10, Lb. Siliwangi Kota Bandung
Jam Buka :
Selasa - Jum'at Pk 08.00 - 16.00
Sabtu dan minggu Tutup (Reservasi)
Tiket Masuk : Gratis
https://heritage.kereta-api.co.id/page/graha-parahyangan

3. Museum Pos Indonesia

Salah satu bangunan yang sangat bersejarah dengan menyimpan banyak riwayat benda POS di tanah air. Beragam koleksi dari masa kemasa baik koleksi dalam dan luar negeri bisa Anda temukan disini. Beraneka barang yang tidak hanya perangko, disimpan rapi di Museum POS Indonesia.


Alamat :
Jl. Ciklaki No. 73, Citarum, Banung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka :
Senin - Jum,at Pk 08.00 - Pk 16.00
Sabtu : Pk 09 - 13.00
Minggu Tutup
Tiket Masuk : Gratis

4.Museum Pendidikan Nasional UPI

Tujuan dari museum ini, selain menyimpan riwayat benda-benda sejarah pendidikan di Indonesia. Keberadaan museum ini juga sebagai edukasi pemahaman tentang sistem pendidikan di masa depan. Ornamen gedung juga terlihat unik dan memiliki ukiran batik pada tepi dinding luar yang meninggi keatas.

Alamat :
Kawasn Universitas Pendidikan Indoensia (UPI)
Jl. DR. Setia Budi No. 229. Bandung
Jam Buka :
Senin - Jum,at Pk 09.00 - Pk 15.30
Tiket Masuk :
Umum Rp 5.000
http://museumpendidikannasional.upi.edu/

5. Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

Sebuah museum dengan memiliki banyak alat peraga interaktif eduksi yang bisa Anda coba sendiri. Segala yang berhubungan dengan Ilmu Sains dan tekhnologi bisa dijumpai di museum yang diresmikan pada tgl 11 Mei 2002 ini.


Alamat :
Kota Baru Parahyangan
Jl. Raya Padalarang No. 427, Padalrang, Bandung
Jam Buka :
Senin - Minggu Pk )8.30 - 16-30
Tiket Masuk :
Rp 20.000/orang
http://thebiggestsundial.com/

6. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga merupakan sebuah museum yang menyimpan dan mengisahkan ragam kebudayaan Suku Sunda di Jawa Barat. Banyak jejak benda - benda peninggalan pada zaman kejayaan pada era Kerajaan Padjadjaran.


Alamat :
Jl. B K R 185 Astanaanyar, Kota Bandung / Jl. Linngkar Selatan Bandung.
Jam Buka :
Senin - Jum,at Pk 08.00 - 16.00
Sabtu - Minggu Pk 08.00 - 12.00
Tiket Masuk :
Dewasa dan Umum Rp 3.000

7. Museum Konferensi Asia Afrika

Nama Gedung Merdeka menjadi bukti sejarah negara Indonesia di kancah Internasional. Dimana Indonesia berinisiatif menjadi tuan rumah sebuah acara bergengsi antar negara.  Yaitu, Konferensi Asia Afrika yang pertama kali di adakan di Bandung pada 18 sampai 24 April 1955 dan diresmikan pada 24 April 1980.
Alamat :
Jl. Asia Afrika No. 65, Bandung
Jam Buka :
Selasa - Kamis Pk 08.00 -16.00
Jum'at Pk 14.00 - 16.00
Sabtu - Minggu Pk 09.00 - 16.00
Senin Tutup
Tiket Masuk : Gratis
http://asianafricanmuseum.org/

8. Museum Wolff Schoemaker

Museum ini berada di dalam sebuah bangunan yang bernama Hotel Preanger, tepatnya berada di lantai dasar. Museum ini di dirikan atas dasar dedikasi terhadap seseorang arsitektur bangunan bergaya Art Deco yang bernama Prosper Wolff Schoemaker. Museum ini merupakan informasi mengenai history yang ada pada bangunan sejak berdirinya di tahun 1897 hingga sekarang.

Alamat :
Hotel Pranger Jl. Asia Afrika No. 81, Bandung.
Jam Buka :
Senin - Sabtu Pk 11.00 - 17.00
Tiket Masuk :
Gratis dan tidak harus bermalam dihotel.

9. Museum Geologi

Museum yang di mulai pada tanggal 16 Mei 1928 dan setelah itu direnovasi dengan dana batuan dari Japan International Coorperatioan Agency (JICA). Memberikan sumber informasi dan koleksi yang berkaitan dengan material geologi. Seperti fosil, batu, mineral dan lain sebagainya.


Alamat :
Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Cibeunyi, Kota Bandung
Jam Buka :
Senin - Minggu Pk 08.00 - 16.00
Tiket Masuk :
Rp 3.000 / orang
http://museum.geology.esdm.go.id/

10. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Awalnya bangunan ini merupakan kediaman para bangsawan Belanda yang akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Mei 1966. Dimana pada sejarahnya Pasukan Siliwangi mengambil alih dan menjadikan markas pertempuran pada saat itu. Beragam senjata perang adalah isi dari koleksi didalam museum ini, mulai dari beragam jenis senjata api hingga bambu runcing.


Alamat :
Jl. Lembong No. 38, Bandung
Jam Buka :
Senin - Jum,at Pk 08.00 - 15.00
Istirahat Pk 12.00 - 13.00
Tiket Masuk :
Gratis (hanya mengisi buku tamu)

Tempat Bersejarah Wisata Muesum di Bandung

Jadi saat Anda berkunjung ke Bandung dengan sewa elf di Jakarta dalam mengisi waktu liburan bersama keluarga, cobalah kunjungi museum bersejarah diatas. Selain menambah wawasan dan ilmu, museum juga pantas di jadikan destinasi wisata edukasi yang menarik.

Karena kota Bandung selain memiliki wisata alam yang asri dan selalu menghibur, sehingga membuat kita tidak pernah bosan untuk berkeliling. Semua lokasi Museum di Bandung ini hampir banyak lokasinya di tengah kota. Jadi akses mudah yang bisa Anda tempuh, baik menggunakan kendaraan pribadi atau atau angkutan umum

Ayo isi wisata Anda di Bandung dengan wisata edukasi mengunjungi 10 Museum di Bandung.