Jenis-jenis Baja Ringan — Pada era modern saat ini hampir semua sektor kehidupan mengalami metamorfosi yang begitu cepat. Termasuk salah satunya yaitu dalam sektor konstruksi material suatu bangunan.

Dalam membangun sebuah bangunan atau rumah, pada umumnya kayu merupkan bahan material utama. Namun sekarang jenis material kayu sudah tergeser dengan jenis yang lebih modern. Karena hampir semua orang beraih menggunkan baja ringan alamunium.

Alumunium baja ringan
Jenis jenis baja ringan untuk bangunan
Ada beberapa alasan kenapa baja ringan saat ini dipilih orang sebagai material sebuah bangunan. Tapi kami tidak mengupasnya di halaman ini, kami akan mengupasnya dalam halaman yang berbeda. Karena alasan yang paling teratas adalah karena faktor lebih praktis dan efisien.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Baja Ringan

Baja Ringan kini banyak dipilih orang sebagai material pengganti kayu atau material baja yang bertype konvesnional. Karena material ini lebih efisien, anti rayap dan cenderung lebih murah.

Selain itu juga memilki ketahann yang cukup kuat dan ringan. Sehingga penggunaan material ini kini banyak dipilih orang.

Bahan dasar baja ringan

Carbon Steel adalah bahan dasar dari Baja Ringan. Carbon Steel sendiri merupkan material baja yang terdiri dari elemen-elemen yang memilki prosentase maksimum.

Pencampuran carbon dan unsur kimia lainnya seperti Manganse yang tepat, mampu meninggikan tegangan (kekuatan) baja murni. Rangka atap baja ringan yang di produksi di Indonesia berbahan dasar baja berkekuatan G550 Mpa. Atau juga setara dengan 5500 Megapascal Sesuai dengan Standart AISI (Asmerican Iron and Steel Institute).

Nah…. Untuk anti karat, baja ringan di lapisi dengan pelapis khusus (coating). Biasanya menambahkan bahan zinc / galvanis, zincalume, dan zincalume dan ditambahkan magnesium. Lapisan ini yang membuat kerangka baja ringan anti karat dan tahan lama.

Mempermudah pengerjaan

Salah satu keunggulan penggunaan Baja Ringan juga utuk mempermudah proses pekerjaan. Profil dari bahan ini sudah diketahui akan kefleksibelasnya dan juga parkatis dalam pemasangan.

Karena baja ringan tersusun atas lempengan-lempengan yang bersifat lentur jika dibandingkan jenis material lainnya. Proses pemasangan sebuah bangunan rumah sederhana biasanya memakan waktu tidak lebih dari 4–5 hari. Jika, dikerjakana dengan tenaga pemasang yang ahli dan sudah terbiasa mengerjakannya.

Kuat dan tahan lama (anti rayap)

Baja ringan ini mampu menguarangi beban suatu bangunan secara keseluruhan. Jadi potensi ambruknya suatu bangunan sangat lah kecil kemungkinanya. Itu bisa terjadi apa bila ada pergeseran pondasi yang biasanya terjadi karena gempa atau musibah kebakakaran.

Tentunya itu semua bisa dihindari jika pengerjaan pemasangannya benar dan tepat. Karena setiap bangunan yang menggunakan bahan baja ringan, keseluruhan rangkainnya menjadi satu kesatuan yang saling menopang.

Jenis Jenis Baja Ringan Untuk Atap Bangunan Yang Sering di Gunakan

Saat membeli baja ringan dalam kebutuhan rangkaian suatu bangunan. Biasanya mitra atau produsen memberi sebuah gambar kerja terlebih dahulu. Jadi pembeliannya memang sesuai dengan kebutuhan desain dan keinginan. Juga pemasangan setiap profil benar-benar sesuai dengan fungisnya.

Karena pada dasarnya setiap produsen menyiapakan material dari jenis jenis baja ringan yang beragam. Perberbedaanya bisa dari ukuran, bentuk, jenis dan kegunannya masing-masing. Sebab atap baja ringan adalah rpilih terbaik untuk saat ini untuk bangunan Anda seperti yang disampaikan oleh kontraktor jasa renovasi rumah Depok

Jadi sebaiknya Anda mengetahui dulu jenis bangunan yang akan dibangun dengan memilih profil baja ringan dengan tepat.
  • Trus / Kaso Profil C atau W
Fungsi dari profil ini biasanya digunakan sebagai tiang utama dalam struktur bangunan. Perbedaanya nya Profil W lebih besar dari Profil C, penggunaanya diseuaikan dengan kebutuhan jenis bangunan tentuanya.

Panjang profil 75cm perbatang, ukuran ketebalannya beragam antara 0,60 mm — 0,75 mm. Biasanya jenis rangka baja ringan ini cocok digunakan untuk atap atau kaki kaki utama baja ringan.


  • Reng / Profil B
Rangka baja ringan ini memilki bentuk bidang yang mirip seperti Trapesium. Bentuk jenis Profil B ini lebih tipis dari semua jenis yang ada.

Untuk media ini memiliki ketebalan 0,45mm dan memiliki tinggi antara 28 sampai 40 mm . Karena bentuknya yang lebih ramping, maka biasanya digunakan sebagai batang penahan atap bangunan atau genteng.


  • Taso
Profil jenis ini memili bidan seperti huruf A, yang merupkan seperti balok kecil untuk mengikat Profil B. Fungis Taso baja ringan ini sangat penting untuk menyusun sebuah rangkaian atap yag kokoh.

Ukuran ketebalan Taso adalah 0.75 mm dan 1 mm, tinggi 7,5 cm dengan lebar kaki berukuran 3,5 cm serta panjang 6 m perbatang.

Biasanya dipasang untuk mengikat kuda kuda dan gording dalam meletakan permukaan atap atau genteng.


Media Pendukung Pemasangan Atap Baja Ringan

Dalam membuat sebuah rangakaian bangunan tentunya memerlukan media pendukung yaitu baut khusu untuk baja ringan. Sehingga dapat menyambungkan sebuah banguan agar jenis jenis baja ringan yang ada menjadi satu kesatuan yang kokoh. Tapi mendapatkan harga grosir Anda bis kunjungi distributor baut baja ringan untuk pembelian partai

Jika menggunakan bahan konvensional seperti kayu biasanya menggunakan paku dan lain sebagainya untuk penyambung. Nah sedangkan dalam penggunan almuminium baja ringan ini tentunya tidak lagi menggunakan itu.

Tapi rangkaian penyamubugn bangunan dengan baja ringan diperlukan aksessoris pendukung, seperti skrup, mur dan baut. Maka untuk mendapatkan aksesoris tersebut, Anda bisa langsung membelinya di toko bahan bangunan terdekat dengan mudah.

Namun bila tidak menemukanya Anda bisa langsung memesan ke tempat distributor mur dan baut untuk mendaptkannya secara lebih komplit. Beberapa jenis aksesories pendukung itu biasanya semua berbahan logam, antara lain :

  1. Bracklet L, ukuran profil setebal 1,5 mm
  2. Dynabolt ukuran berdiameter 12 mm serta panjang 100 mm
  3. Baut dengan jenis self drilling screw ukuran 12–14 x 20 bright zinc biasanya truss
  4. Baut reng berukuran 10–16 bright zinc.
Dalam pembuatan sebuah rangka baungunan, baik rumah atau toko. Sekarang ini memang sudah banyak yang berlaih menggunakan profil yang satu ini. Selain kuat dan awet, pengerjaannyapun akan lebih cepat selesai dan mudah jika dikerjkan dengan benar.

Untuk masalah harga tentunya sangat berfariatif yang dikeluarkan dari setiap distribuor. Tergantung dari jenis baja ringan dan kualitasnya, ada yang murah ada juga yang mahal tergantung dari merk dagangnya masing-masing.

Untuk estimasi harga perbatang dari semua tipe beriksar dari harga Rp 60.000 an/batang hingga Rp 100.000 an/batang, bahkan lebih.

alumunium baja ringan
atap rangka baja ringan

Bila dalam hitung-hitungan sebuah anggaran, mungkin biayanya tidak akan jauh berbeda. Tapi dalam sebuah bentuk investasi bangunan yang menggunakan material dari jenis-jenis baja ringan yang ada. Nilainya akan lebih awet ketimbang menggunakan bahan konvensional.