Skenario satu arah arus mudik lebaran 2019 - Pada saat arus mudik lebaran, hampir semua moda transportasi terutama transportasi darat mengalami peningkatan. Sehingga banyak terjadinya kemacetan di ebebrapa ruas jalan disetiap tahunnya, termasuk penumpukan di ruas dan gerbang tol.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jakrta dan sekitarnya, yang mempunyai rencana mudik bersama keluarga tahun ini. Ada baiknya simak dulu rekayasa lalu lintas atau skema skenario satu arah arus mudik lebaran di jalan tol Cikapek hingga Cipali. Yang akan diberlakukan pada musik mudik tahun ini di ruas Jalan Tol.


Skenario Satu Arah Arus Mudik Lebaran 2019 di Jalan Tol

Dari Arah Jakarta

  • Satu arah menuju Jawa Tengah,  mulai dari KM 25 atau setalah exit tol cibitung dan pada KM 29 pada gerbang tol cikarang utama hingga Km 262 Brebes Barat
Skenario satu arah arus mudik lebaran mulai dari tol Cikarang Utama Km 25 samapai tol Brebes Barat KM 262 

Penerapan satu arah ini dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas dengan memanfaatkan jalur A dan Jalur B jalan tol. Baik di Jakarta cikampek dan jalan tol Cipali, serta fasilitas yang ada di sepanjang jalan tersebut termasuk rest area.

Baca Artikel Terkait :

Menuju Arah Jakarta

  • Semua Kendaraan yang menuju Jakarta akan diarahkan lewat jalur pantura dan dapat masuk tol kembali lewat tol cikarang barat

Dari Bandung ke Jakarta

  • Masuk melalui Pintu Tol Cikampek, kendaraan dari arah Cipularang atau Bandung yang akan menuju jakarta dialihkan menuju pantura melalui Cikampek.

Rekayasa Lalu Lintas Si Sekitar Ruas Tol Cipali

  • Semua Pintu tol kearah Jakarta antara gerbang tol Cikarang Utama dan gerbang tol Palimamanan akan ditutup.
  • Sedangkan kendaraan yang akan meunju Jakarta dari arah Semarang dikeluarkan melalui exit tol Brebes Barat melalui pantura menuju Cirebon hingga Karawang dan masuk kembali ke tol melalui gate tol Cikarang Barat hingga selanjutnya menuju arah Jakarta.
  • Setelah Tol Brebes barat lalu lintas normal kembali.
  • Kendaraan dari arah Purwokerto menuju Jakarta diarahkan menuju pantura untuk selanjutnya menuju arah Cirebon dan Jakarta.
Lalu lintas ruas Tol Bekasi dan Cibitung beroperasi normal selama pemberlakuan One Way arus mudik

Skenario Penerapan Satu Arah Pada Arus Balik Lebaran

Menuju arah Jakarta

Skenario satu arah pada arus balik 2019, kendaraan yang datang dari arah Semarang akan menggunakan dua jalur A dan Jalur B pada KM 189. Tepatnya di gate Palimanan menuju kearah Jakarta dan akan diberlakukan normal pada KM 25 Cibitung atau KM 29 Cikarang Utama menuju kearah Cawang.
  • Kendaraan yang datang dari arah Semarang akan menggunakan dua jalur A dan Jalur B pada KM 189 atau gate palimanan menuju kearah Jakarta
  • Kendaraan dari arah Semarang akan diberlakukan normal pada KM 25 Cibitung atau KM 29 Cikarang Utama menuju kearah Cawang.
  • Satu arah dari tol palimanan KM 189 smapai Pintu tol Cikarang utama KM 29 (Sepanjang 160 KM)

Menuju arah Semarang

  • Kendaraan yang lewat alteri Cikarang yang akan menuju Semarang diarahkan melalui Pantura, Subang, Cirebon dan masuk tol Kanci hingga selanjutnya menuju Semarang.
  • Kendaraan yang lewat Tol Cikampek akan diarahkan keluarg tol Cibitung berlajut ke jalur alateri.

    Dari Jakarta ke Bandung

    • Kendaraan yang mengarah ke Bandung dari arah Jakarta dapat menggunakan jalur Purwakarta atau Sipularang lewat jalur Pantura dan masuk melalui Cikampek.

    Rekayasa Lalu Lintas Si Sekitar Ruas Tol Cipali

    • Kendaran yang mengarah ke arah Semarang dan seterusnya dapat masuk ke tol setalah Palimanan
    • Kendaraan yang dari arah Jakarta menuju Bandung dan Semarang akan dikeluarkan ke jalur Pantura melalui exit tol Cikarang Barat.
    • Kendaraan yang menuju Bandung dapat masuk melalui gate tol Cikampek lalu masuk menuju tol Cipularang.

    Ruas Tol Cikrang ke Jakarta

    • Lalu lintas kembali normal setalah keluar pintu tol Cikarang Utama. 
    • Lalu lintas tol bekasi dan Cibitung tidak terkena efek pemberlakuan sistem one way pada arus balik 2019
    Semua pintu tol antara Cibitung samapai Palimanan yang mengarah ke Jawa Tengah dan seterusnya akan ditutup


    Cara Pengaturan Arus Lalu Lintas Di Rest Area Pada Saat Arus Mudik 2019

    Skenario pemanfaatan Rest Area pada saat arus mudik

    Saat diberlakukannya sistem skenario satu arah arus mudik lebaran, dimana saat itu adalah arus mudik dari arah Jakarta menuju Semarang. Bagi kendaraan yang menggunakan jalur A dapat masuk dan keluar rest area jalur A seperti biasanya atau normal.

    Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan  Jalur B dapat masuk ke rest area jalur B melalui pintu keluar. Dan untuk melanjutkan perjalanan, pemudik diarahkan untuk kembali jalur atau keluar rest area melalui pintu masuk.

    Skenario penggunaan Rest Area pada saat arus balik

    Pada arus balik ini diberlakukannya sistem satu arah arus mudik, yaitu dari arah Semarang meunju Jakarta. Bagi kendaraan yang menggunakan jalur A dapat masuk dan keluar rest area jalur A seperti biasanya atau normal.

    Sedangkan untuk kendaraan yang meggunakan jalur B dapat masuk ke rest area jalur B melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan perjalanan kembali atau keluar dari rest area melalui pintu masuk.
    Mudik aman, mudik nyaman dan mudik lancar - Skenario satu arah arus mudik lebaran 2019